Visi dan Misi


VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN, STRATEGI, KEBIJAKAN

  1.  Visi

Visi disini adalah rumusan umum mengenai keadaan yang diinginkan pada akhir periode yang akan menjadi pemandu dalam mencapai masa depan Kecamatan Tandun agar tetap konsisten dan dapat eksis, antisipatif, dan inovatif, serta produktif. Dengan demikian, visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang ingin diwujudkan Kecamatan Tandun dalam jangka menengah.

Mengacu pada konsepsi visi di atas dan mengacu pada Visi Kabupaten Rokan Hulu yaitu “Menjadikan Rokan Hulu sebagai Kabupaten Terbaik di Propinsi Riau Tahun 2016 dalam rangka menuju Visi Riau 2020”, maka Kecamatan Tandun dengan seluruh anggota organisasinya telah berkomitmen untuk mendukung upaya pencapaian visi Kabupaten Rokan Hulu yang akan dituangkan dalam Rencana Strategis, dengan menetapkan visi Kecamatan Tandun yaitu:

Mewujudkan Aparatur Kecamatan Tandun Yang Profesional dalam Melayani Masyarakat Secara Efektif dan Efisien Tahun 2011-2016

Penjelasan Makna Visi

1. Mewujudkan aparatur Kecamatan yang mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat;

  1.  Profesional dalam melayani masyarakat dengan cara meningkatkan sumber daya manusia yang menguasaipekerjaan, memiliki loyalitas, komitmen, dan integritas yang tinggi;
  2.  Misi

3. Melakukan efisiensi terhadap standar pelayanan serta efektif dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi aparatur Kecamatan.

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi yang merupakan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai. Pernyataan misi membawa organisasi kepada suatu fokus dan menjelaskan mengapa organisasi itu ada, apa yang dilakukannya dan bagaimana melakukannya. Misi merupakan suatu pernyataan, tujuan organisasi yang diwujudkan dalam produk pelayanan, kebutuhan yang dapat ditanggulangi kelompok masyarakat, nilai yang diperoleh serta aspirasi dan cita-cita dimasa mendatang, atau sesuatu yang diemban atau dilaksanakan oleh Kecamatan Tandun.

Dengan pernyataan misi diharapkan seluruh pegawai dan pihak yang berkepentingan dapat mengenal Kecamatan Tandun dan mengetahui peran dan program-programnya dalam meningkatkan pelayanan umum. Pernyataan misi yang jelas, akan memberikan arahan jangka menengah dan stabilitas dalam manajemen dan kepemimpinan Kecamatan Tandun. Adapun Misi Kecamatan Tandun adalah sebagai berikut:

Untuk mewujutkan visi tersebut maka ditetapkan misi kecamatan Tandun Tahun 2011-2016 yaitu:

  1.  Peningkatan kinerja aparatur pemerintah kecamatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat;
  2.  Meningkatkan sarana dan prasarana Kantor Camat Tandun;
  3.  Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat;
  4.  Melakukan pembinaan dan fasilitasi terhadap usaha ekonomi kecil, menengah dan koperasi;

Penjelasan Makna Misi.

  1.  Peningkatan kinerja aparatur kecamatan melalui pendidikan dan pelatihan;
  2.  Peningkatan sarana dan prasarana Kantor Camat Tandun untuk mendukung secara maksimal seluruh kegiatan operasional dalam memmberikan pelayanan prima kepada masyarakat;
  3.  Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui penambahan frekuensi layanan dan kualitas layanan;
  4.  Melakukan pembinaan dan fasilitasi terhadap usaha ekonomi kecil, menengah dan koperasi dalam upaya meningkatkan keksejah teraan masyarakat;

Sehubungan hal tersebut maka sumber daya manusia adalah pelaksana pembangunan, sebagai tolak ukur akan keberhasilan jalannya pemerintah, perlu didukung oleh staf pelaksana yang mengerti terhadap tugas pokok dan fungsinya sehingga kinerjanya memberi kepuasan bagi masyarakat yang dilayani.

4.1. Tujuan dan Sasaran Jangka Menengah

Tujuan dan sasaran adalah sasaran strategis yang menunjukkan tingkat prioritas tertinggi dalam perencanaan pembangunan jangka menengah daerah yang selanjutnya akan menjadi dasar penyusunan arsitektur kinerja pembangunan daerah secara keseluruhan. Di sini, visi dan misi sangat penting agar proses penyusunan tujuan dan sasaran memenuhi syarat supaya selaras dengan sasaran pokok RPJPD dan RPJMD.

Berikut keterkaitan antara visi, misi dengan tujuan dan sasaran, program dan kegaiatan yang secara totalitas menjadi arsitektur kinerja pembangunan daerah, dapat digambarkan sebagai berikut:

  1.  Peningkatan kinerja aparatur pemerintah kecamatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Misi ini bertujuan mewujudkan kualitas pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) menuju pemerintahan yang bersih (clean goverment) melalui penataan birokrasi, peningkatan kapasitas dan profesionalisme aparatur di kecamatan, dengan sasaran pokok:

 Meningkatnya kemampuan dan profesionalisme aparatur kecamatan guna memberikan pelayanan prima kepada masyarakat;

 Terwujudnya tata kelola kepemerintahan yang baik dan bersih;

 Mewujudkan kenyamanan dan kelancaran dalam pemerintahan untuk memberikan pelayanan yang efektif dan efesien kepada masyarakat;

 Tercapainya kualitas SDM dalam kependudukan, pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, dapat memiliki kemampuan melakukan koordinasi pelaksana kebijakan kepala daerah, memiliki kemampuan inovatif, pendektesian dini dan antisipatif, memiliki kemampuan untuk memandu dan mendorong kearah solusi dan kebijakan yang baik.

  1.  Meningkatkan sarana dan prasarana Kantor Camat Tandun

Misi ini bertujuan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dengan adanya sarana dan prasarana kerja yang memadai, maka pelaksanaan kegiatan kiranya dapat terlaksana dengan baik meskipun tidak berjalan seratus persen. Namun setidaknya dapat mengurangi ketidakpuasan pelayanan bagi stakeholder, dengan sasaran pokok:

 Meningkatnya pembangunan dan pemeliharaan sarana dan prasarana Kantor Camat Tandun;

 Meningkatkan sarana dan prasarana kerja guna menunjang kelancaran pelayanan yang dapat memberikan kenyamanan, ketepatan dan motivasi dalam memberikan pelayanan.

  1.  Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Misi ini bertujuan menciptakan pelayanan prima. Guna memenuhi tuntutan pelayanan umum yang prima, maka aparat di Kecamatan Tandun dituntut untuk profesional, memiliki sistem dan prosedur pelayanan yang transparan dan terpadu, partisipasi masyarakat yang responsif dan adaptif terhadap setiap perubahan yang terjadi, dengan sasaran pokok:

 Menyusun sistem, prosedur dan mekanisme pelayanan prima di Kecamatan Tandun;

 Mengidentifikasi jenis-jenis pelayanan masyarakat di Kecamatan Tandun;

 Meningkatnya tingkat kinerja aparat di Kecamatan Tandun.

  1.  Melakukan pembinaan dan fasilitasi terhadap usaha ekonomi kecil, menengah dan koperasi

Misi ini bertujuan mengembangkan usaha kecil dan menengah dan koperasi yang diarahkan untuk memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, peningkatan daya saing dan diarahkan untuk memberikan kontribusi dalam peningkatan pendapatan pada kelompok masyarakat berpendapatan rendah, dengan sasaran pokok:

 Memperbaiki lingkungan usaha dan menyederhanakan prosedur perijinan;

 Memperluas basis dan kesempatan berusaha serta menumbuhkan wirausaha baru berkeunggulan untuk mendorong pertumbuhan dan penciptaan lapangan kerja;

 Membangun koperasi yang diarahkan dan difokuskan pada upaya-upaya untuk membenahi dan memperkuat tatanan kelembagaan dan organisasi koperasi serta meningkatkan kemandirian koperasi.

4.2. Strategi dan Kebijakan Jangka Menengah

Strategi adalah cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan dan sasaran. Strategi ditetapkan dengan maksud untuk memberikan arah, dorongan, dan kesatuan pandang dalam melaksanakan tujuan organisasi. Strategi kecamatan yang merupakan rencana yang menyeluruh dan terpadu mengenai upaya-upaya Kecamatan Tandun, yang meliputi menetapkan kebijakan, program operasional, dan kegiatan (aktifitas) dengan memperhatikan sumber daya yang dimiliki serta lingkungan yang dihadapi.

Kebijakan Kecamatan Tandun adalah pedoman/rambu-rambu pelaksanaan tindakan-tindakan tertentu, yang meliputi kebijakan-kebijakan yang ditetapkan Kabupaten Rokan Hulu. Program Kecamatan Tandun merupakan penjabaran langkah-langkah yang diambil untuk menjabarkan kebijakan yang telah ditetapkan dan merupakan upaya untuk mengimplematasikan strategi Kecamatan Tandun yang meliputi proses penentuan jumlah dan jenis sumber dana yang diperlukan dalam rangka pelaksanaan suatu rencana.

Untuk mencapai hasil yang maksimal dalam melaksanakan visi dan misi Kecamatan Tandun diperlukan suatu strategi yang menjelaskan tentang pemikiran ke depan secara konseptual, analisis, realistis yang mengakomodirtentang langkah-langkah yang diperlukan dalam mencapai/ mempercepat pencapaian tujuan.

  1.  Untuk mewujudkan misi Peningkatan kinerja aparatur pemerintah kecamatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dilakukan strategi:

(1) Peningkatan pembangunan aparatur Kantor Camat Tandun, dengan arah kebijakan:

- Reformasi birokrasi dan pelaksanaan tata pemerintahan yang baik;

- Peningkatan etika birokrasi dan budaya kerja;

- Peningkatan komitmen dan motivasi aparatur;

- Peningkatan kompetensi dan kapabilitas aparatur;

- Peningkatan profesionalisme aparatur sesuai kompetensi.

(2) Peningkatan kuantitas dan kualitas pegawai dan upaya pemerataan pegawai, dengan arah kebijakan:

- Mengikuti pendidikan dan pelatihan kususnya pelatihan yang berkenaan dengan perencanaan, penganggaran dan pelayanan;

- Peningkatan kualitas sumber daya manusia bagi segenap aparatur Kantor Camat Tandun.

  1.  Untuk mewujudkan misi meningkatkan sarana dan prasarana Kantor Camat Tandun dilakukan strategi:

(1) Tersedianya sarana-prasarana kantor dalam mendukung tugas pokok dan fungsi dalam pelayanan masyarakat, dengan arah kebijakan:

- Mengupayakan terpenuhinya sarana dan prasarana untuk menunjang pelayanan prima kepada masyarakat;

  1.  Untuk mewujudkan misi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dilakukan strategi:

(1) Memberikan pelayanan yang maksimal kemapada masyarakat, dengan arah kebijakan:

- Peningkatan efektivitas dan efesiensi pelayanan kepada masyarakat;

- Peningkatan perlindungan masyarakat;

(2) Pemenuhan kebutuhan dan hak-hak dasar masyarakat, dengan arah kebijakan:

- Peningkatan taraf hidup masyarakat;

- Perbaikan kualitas pelayanan pendidikan;

- Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat;

- Menciptakan suasana tertib, aman dan nyaman bagi masyarakat.

  1.  Untuk mewujudkan misi melakukan pembinaan dan fasilitasi terhadap usaha ekonomi kecil, menengah dan koperasi dilakukan strategi:

(1) Mengupayakan/memfasilitasi peningkatan perekonomian/usaha kecil dan menengah masyarakat, dengan arah kebijakan:

- Memperbaiki lingkungan usaha dan menyederhanakan prosedur perijinan;

- Memperluas akses kepada sumber permodalan khususnya perbankan;

- Fasilitasi dan penyediaan kemudahan dalam formalisasi badan usaha;

- Pengembangan pelayanan perijinan usaha yang mudah, murah dan cepat.

(2) Meningkatkan partisispasi masyarakat, dengan arah kebijakan:

- Meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan;

- Meningkatkan pemberdayaan masyarakat;

- Meningkatkan potensi wilayah.