struktur Organisasi


Struktur Organisasi, Tugas Pokok dan Fungsi

A. Struktur Organisasi

Rokan Hulu merupakan Kabupaten pertama yang memberlakukan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah. Sebelumnya telah diterbitkan Peraturan Daerah Nomor 24 Tahun 2007 tentang Organisasi Kecamatan dan Kelurahan Kabupaten Rokan Hulu dan berdasarkan pertimbangan perlu ditinjau kembali dengan memperhatikan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi dan prinsip-prinsip pembentukan perangkat daerah antara lain urusan yang dimiliki, karakteristik, potensi, kebutuhan, kemampuan serta visi dan misi daerah, dipandang perlu untuk membentuk, mengatur dan menata kembali susunan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Rokan Hulu dengan menetapkan Peraturan Daerah tentang Organisasi Perangkat Daerah. Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Rokan Hulu Nomor 4 Tahun 2011 tentang Organisasi Perangkat Daerah sebagai berikut:

Adapun Struktur Organisasi Kecamatan Tandun adalah sebagai berikut:

  1.  Camat;
  2.  Sekretaris, membawahi :
  3.  Subbagian Umum dan Perencanaan;
  4.  Subbagian Keuangan dan Perlengkapan;
  5.  Subbagian Pelayanan Umum.
  6.  Seksi Tata Pemerintahan;
  7.  Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa;
  8.  Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum;
  9.  Kelompok Jabatan Fungsional.

Untuk lebih jelasnya, bagan struktur organisasi Kecamatan Tandun dapat dilihat pada lampiran.

Uraian tugas pokok dan fungsi Kecamatan Tandun sesuai dengan Peraturan Bupati Rokan Hulu Nomor 17 Tahun 2011 tentang Uraian Tugas Jabatan Struktural pada Kecamatan dan Kelurahan Kabupaten Rokan Hulu adalah sebagai berikut:

Tugas pokok Kecamatan Tandun adalah membantu Bupati dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan serta melaksanakan tugas pemerintahan lainnya yang tidak termasuk dalam tugas perangkat daerah berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Sedangkan fungsi Kecamatan Tandun adalah:

 Penyusunan visi dan misi kecamatan yang sesuai dengan visi dan misi daerah;

 Mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan;

 Pengkoordinasian setiap kebijakan kecamatan;

 Pembinaan administrasi perkantoran;

 Pendistribusian tugas-tugas kepada bawahan menurut prinsip-prinsip manajemen;

 Penyelenggaraan pembinaan dan pelayanan masyarakat;

 Pengkoordinasian penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum;

 Pengkoordinasian pelaksanaan perlindungan dan pemberdayaan masyarakat;

 Pembinaan tata laksana pemerintahan kecamatan.

  1.  Camat

(1) Camat menyelenggarakan tugas umum pemerintahan yang meliputi:

  1.  Mengkoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat;
  2.  Mengkoordinasikan upaya penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum;
  3.  Mengkoordinasikan penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan;
  4.  Mengkoordinasikan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;
  5.  Mengkoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan;
  6.  Membina penyelenggaraan pemerintahan desa dan/atau kelurahan;
  7.  Melaksanakan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya dan/atau yang belum dapat dilaksanakan pemerintahan desa atau kelurahan;
  8.  Mengevaluasi dan menilai hasil pelaksanaan tugas para bawahan dilingkungan kecamatan;
  9.  Memberikan petunjuk dan arahan kepada bawahan;
  10.  Mendisposisi surat-surat kepada bawahan sesuai dengan bidang tugas masing-masing;
  11.  Memberikan penilaian DP-3 Sekretaris Kecamatan dan para Kepala Seksi dan menandatangani DP-3 bawahan di Kecamatan sesuai ketentuan yang berlaku;
  12.  Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan.

(2) Camat melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah, yang meliputi aspek:

a. perizinan;

b. rekomendasi;

c. koordinasi;

d. pembinaan;

e. pengawasan;

f. fasilitasi;

g. penetapan;

h. penyelenggaraan; dan

i. kewenangan lain yang dilimpahkan.

(3) Camat menyelenggaraan urusan pemerintahan pada lingkup kecamatan sesuai peraturan perundang-undangan.

(4) Pelimpahan sebagian wewenang Bupati kepada Camat dilakukan berdasarkan kriteria eksternalitas dan efisiensi.

(5) Ketentuan lebih lanjut mengenai pelaksanaan tugas dan wewenang Camat diatur lebih lanjut dengan Peraturan Bupati berpedoman pada Peraturan Pemerintah.

2. Sekretariat Kecamatan

(1) Sekretariat Kecamatan dipimpin oleh seorang Sekretaris Kecamatan yang mempunyai tugas sebagai berikut:

  1.  Menerima petunjuk dan arahan sesuai dengan disposisi atasan;
  2.  Mendistribusikan surat-surat sesuai dengan disposisi atasan;
  3.  Meneliti surat-surat dinas yang akan di tanda tangani oleh Camat;
  4.  Memparaf surat-surat yang akan ditanda tangani oleh Camat;
  5.  Mengkoordinasikan pelaksanaan tugas terhadap setiap Kepala Seksi;
  6.  Memberikan saran dan pertimbangan kepada Camat sebagai bahan untuk pengambilan keputusan;
  7.  Meneliti dan mengusulkan anggaran rutin serta kebutuhan ATK dan barang yang sesuai dengan kebutuhan dilingkungan Kantor Kecamatan;
  8.  Mengadakan pembinaan administrasi organisasi dan tata laksana serta memberikan pelayanan teknis administrasi kepada seluruh staf;
  9.  Membuat program kerja tahunan sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas;
  10.  Memberikan penilaian DP-3 bawahan di kecamatan sesuai ketentuan yang berlaku;
  11.  Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh atasan.

(2) Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Sekteratariat Kecamatan dibantu oleh:

  1.  Subbagian Umum dan Perencanaan

 Merencanakan kegiatan Kecamatan berdasarkan kegiatan tahunan sebelumnya serta sumber data yang ada sebagai bahan untuk melaksanakan kegiatan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan;

 Menghimpun dan mempelajari peraturan perundang- undangan kebijakan tehnis serta bahan- bahan lain yang berhubungan dengan perencanaan;

 Menghimpun dan mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan perencanaan;

 Menyiapkan bahan- bahan dalam rangka penyusunan kebijakan, pedoman dan petunjuk tehnis mengenai bidang perencanaan;

 Menerima petunjuk sesuai dengan posisi atasan;

 Melakukan pengkajian masalah strategis Kecamatan;

 Melakukan pelayanan terhadap pegawai satuan kerja berupa kenaikan gaji berkala dan masalah kepegawaian lainnya;

 Mengatur dan menyusun perjalanan dinas Camat;

 Memberikan saran pertimbangan kepada Sekretaris Camat tentang langkah- langkah atau tindakan yang perlu diambil dibidang tugasnya;

 Melaksanakan tugas- tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.

  1.  Subbagian Keuangan dan Perlengkapan

 Melaksanakan penyusunan anggaran keuangan Camat dan anggaran keuangan Sekretariat;

 Menyelenggarakan pengkajian atas realisasi pengeluaran untuk gaji, tunjangan pokok/ refresentasi Camat maupun staf Sekretaris Camat;

 Melakukan pengurusan dan penyimpanan surat-surat berharga dan dokumen lain yang bernilai uang;

 Menyusun rencana anggaran Camat dan Sekretaris Camat, perubahan dan perhitungan anggaran Camat dan Sekretaris Camat, pembinaan dan pengelolaan tata usaha keuangan;

 Memeriksa, mengoreksi dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan administrasi keuangan, penyusunan perubahan dan perhitungan anggaran;

 Melayani/mengawasi urusan rumah tangga Sekretariat dan kebutuhan unit kerja dalam rangka pemeliharaan gedung dan pelaksanaan pertemuan (Rapat- rapat Dinas);

 Menyusun anggaran rencana kebutuhan ATK dan perlengkapan dibidang keuangan Kecamatan;

 Melayani/mengawasi gedung-gedung kantor dan rumah dinas;

 Melayani/mengawasi pemakaian kendaraan dinas dilingkungan Kecamatan;

 Melaksanakan tugas- tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.

  1.  Subbagian Pelayanan Umum

 Melakukan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah dan/ atau instansi vertikal yang tugas dan fungsinya dibidang pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;

 Melakukan koordinasi dengan pihak swasta dalam pelaksanaan pemeliharaan urusan dan fasilitas pelayanan umum;

 Melakukan pendataan dan pembinaan administrasi inventaris barang Kantor Camat dan Kantor Desa/ Kelurahan;

 Mempersiapkan rapat-rapat pertemuan, upacara- upacara resmi dan secara kenegaraan;

 Melayani administrasi surat dinas yang meliputi pencatatan surat masuk dan surat keluar;

 Mendistribusikan surat-surat sesuai dengan posisi Camat/Sekcam;

 Menyiapkan laporan harian Camat;

 Melaksanakan/melayani urusan pelayanan tamu-tamu dilingkungan Sekretariat dan Camat

 Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberaikan oleh pimpinan.

  1.  Seksi Tata Pemerintahan

Seksi Tata Pemerintahan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi, mempunyai tugas membantu dan bertanggung jawab kepada Camat melalui Sekretaris Kecamatan. Seksi Tata Pemerintahan mempunyai tugas sebagai berikut:

 Melakukan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah dan instansi vertikal di bidang penyelenggaraan kegiatan pemerintahan;

 Melakukan koordinasi dan sinkronisasi perencanaan dengan satuan kerja perangkat daerah dan instansi vertikal di bidang penyelenggaraan kegiatan pemerintahan;

 Melakukan evaluasi penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan;

 Melakukan pembinaan dan pengawasan tertib administrasi pemerintahan desa dan/atau kelurahan;

 Memberikan bimbingan, supervisi, fasilitasi, dan konsultasi pelaksanaan administrasi desa dan/atau kelurahan;

 Melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap kepala desa dan/atau lurah;

 Melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap perangkat desa dan/atau kelurahan;

 Melakukan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan desa dan/atau kelurahan di tingkat kecamatan;

 Melakukan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah yang tugas dan fungsinya di bidang penerapan peraturan perundang-undangan;

 Melakukan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah yang tugas dan fungsinya di bidang penegakan peraturan perundang-undangan dan/atau Kepolisian Negara Republik Indonesia;

 Menyiapkan laporan pelaksanaan pemerintahan, penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan di wilayah kecamatan yang akan disampaikan Camat kepada Bupati.

  1.  Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dipimpin oleh seorang Kepala Seksi, mempunyai tugas membantu dan bertanggung jawab kepada Camat melalui Sekretaris Kecamatan. Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa mempunyai tugas sebagai berikut:

 Mendorong partisipasi masyarakat untuk ikut serta dalam perencanaan pembangunan lingkup kecamatan dalam forum musyawarah perencanaan pembangunan di desa/kelurahan dan kecamatan;

 Melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap keseluruhan unit kerja baik pemerintah maupun swasta yang mempunyai program kerja dan kegiatan pemberdayaan masyarakat di wilayah kerja kecamatan;

 Melakukan evaluasi terhadap berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat di wilayah kecamatan baik yang dilakukan oleh unit kerja pemerintah maupun swasta;

 Melakukan tugas-tugas lain di bidang pemberdayaan masyarakat sesuai dengan peraturan perundang-undangan;

 Melakukan perencanaan dan penyusunan program pembangunan kecamatan, desa/kelurahan;

 Melakukan pengendalian terhadap pembangunan serta pembinaan terhadap penyusunan program kesejahteraan sosial di kecamatan, desa dan kelurahan;

 Melaksnakan pembinaan terhadap kegiatan perekonomian, perdagangan (sembako), pengembangan pariwisata, perindustrian dan sektor ekonomi lainnya;

 Melaksanakan pembinaan terhadap kelembagaan Desa/Kelurahan seperti: LPM, PKK, Karang Taruna dan lainnya;

 Melakukan pembinaan terhadap penyelenggaraan lomba desa/kelurahan;

 Penanggulangan bencana alam;

 Menyiapkan laporan pelaksanaan tugas PMD diwilayah kecamatan, akan disampaikan Camat kepada Bupati (laporan tahunan);

 Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.

  1.  Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum

Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum dipimpin oleh seorang Kepala Seksi, mempunyai tugas membantu dan bertanggung jawab kepada Camat melalui Sekretaris Kecamatan. Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum mempunyai tugas sebagai berikut:

 Melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian dan/ atau TNI mengenai program dan kegiatan penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum;

 Melakukan koordinasi dengan pemuka Agama yang ada ditingkat Kecamatan untuk mewujudkan ketentraman dan ketertiban umum masyarakat diwilayah Kecamatan;

 Melakukan pembinaan ketentraman dan ketertiban masyarakat;

 Melakukan pelayanan dibidang keamanan dan ketertiban masyarakat;

 Melakukan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah yang tugas dan fungsinya dibidang penerapan aturan/peraturan daerah dan perundang-undangan;

 Menyiapkan laporan pelaksanaan pembinaan dan ketertiban (laporan tahunan);

 Menghimpun dan menyusun laporan rupa-rupa kejadian, seperti tindak kriminal, sara, perdata dan sebagainya;

 Melakukan pembinaan terhadap organisasi sosial politik, organisasi kemasyarakatan dan lembaga kemasyarakatan serta melakukan pembinaan ketertiban umum dan pengawasan terhadap orang asing;

 Mengamankan kunjungan kerja diwilayah Kecamatan;

 Melakukan pembinaan terhadap linmas;

 Melakukan penertiban pasar Desa dan Kelurahan;

 Menyiapkan laporan pelaksanaan tahunan dibidang trantib;

 Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.

  1.  Kelompok Jabatan Fungsional

Kelompok Jabatan Fungsional mempunyai tugas pokok pelaksanaan sebagian kegiatan kecamatan secara profesional sesuai dengan kebutuhan. Kelompok jabatan fungsional ini dalam melaksanakan tugas pokoknya bertanggung jawab kepada Camat. Sampai saat ini jabatan Fungsional yang berada di Kecamatan Tandun PLKB dan Penyuluh Pertanian.