Sejarah Singkat


Rokan Hulu merupakan salah satu Kabupaten yang dimekarkan dari Kabupaten Kampar, berdasarkan Undang-undang Nomor 34 Tahun 2008 tentang Perubahan Ketiga Atas Undang-undang Nomor 53 Tahun 1999 tentang pembentukan Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Siak, Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna, Kabupaten Kuantan Singingi dan Kota Batam. Dalam perkembangannya saat ini Kabupaten Rokan Hulu terdiri dari 16 Kecamatan, 6 Kelurahan dan 146 Desa, luas wilayah Kabupaten Rokan Hulu +7.449,85 km2, dengan jumlah penduduk 474.457 jiwa terdiri dari 245.249 penduduk laki-laki (51,69 %) dan 229.208 penduduk perempuan (48,31 %).

Kabupaten Rokan Hulu disebelah Utara berbatas dengan Propinsi Sumatra Utara dan Kabupater Rokan Hilir sebelah Selatan berbatas dengan Kecamatan XIII Koto dan Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar, disebelah Barat berbatas dengan Propinsi Sumatera Barat, dan disebelah Timur berbatas dengan kecamatan Tapung Kabupaten Kampar.

Kecamatan Tandun merupakan salah satu Kecamatan dari 16 Kecamatan di Kabupaten Rokan Hulu yang terletak di wilayah timur Kabupaten Rokan Hulu. Luas wilayah Kecamatan Tandun adalah + 605,94 km2 yang membawahi 9 Desa. Berdasarkan pembentukannya batas Kecamatan Tandun adalah sebagai berikut:

• Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Tapung/Kabupaten Kampar

• Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Pendalaian IV Koto dan Rokan IV Koto

• Sebelah Barat Berbatasan dengan Kecamatan Ujung Batu

• Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Kabun

Kepadatan penduduk di Kecamatan Tandun 28,46. Jumlah penduduk Kecamatan Tandun sampai dengan Pertengahan Tahun 2010 sebanyak 25.765 jiwa terdiri dari 13.224 penduduk laki-laki (51,33%) dan 12.541 penduduk perempuan (48,67%).

2.1. Kondisi Umum Daerah Masa Kini

Kecamatan Tandun merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Rokan Hulu yang resmi terbentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Rokan Hulu Nomor 16 Tahun 2003 tentang Pembagian Kecamatan Tandun Lama menjadi Kecamatan Tandun, Kecamatan Ujung Batu dan Kecamatan Kabun.

Sebagai organisasi daerah, Kecamatan Tandun merupakan unsur penunjang Pemerintah Daerah yang dipimpin oleh seorang Camat, yang dalam melaksanakan tugas dan fungsinya melakukan koordinasi dengan Bupati dan instansi vertikal yang berada di wilayah kerjanya.

Kecamatan Tandun dalam melaksanakan tugas pokoknya menyelenggarakan urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan yang dilimpahkan oleh Bupati yang disesuaikan dengan kebutuhan kecamatan dengan memperhatikan prinsip efisiensi dan peningkatan akuntabilitas disertai dengan sarana, prasarana, pembiayaan dan personil.

Mengingat pentingnya peran kecamatan tersebut dan adanya tuntutan dari warga masyarakat untuk mendapatkan pelayanan publik yang lebih baik, maka diperlukan kemampuan dan kapasitas pemerintah kecamatan yang memadai. Pemerintah kecamatan sendiri sudah berupaya untuk memperbaiki pelayanannya dalam kerangka memenuhi kebutuhan warganya. Penerapan loket pelayanan terpadu di Kecamatan merupakan contoh upaya perbaikan pelayanan yang dilakukan oleh kecamatan.

Salah satu upaya untuk itu adalah pelimpahan kewenangan dari Bupati kepada Camat untuk menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan dan pembangunan. Dengan adanya pelimpahan kewenangan ini diharapkan beberapa pelayanan publik seperti pemberian ijin dan pelayanan non perijinan dapat diselesaikan secara langsung di kecamatan. Hal ini jelas akan memberikan semangat yang cukup kuat kepada pemerintah kecamatan untuk meningkatkan kinerjanya terutama dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat dan memudahkan warga masyarakat untuk memperoleh pelayanan yang murah, cepat dan berkualitas.