Penanaman 1 miliar pohon di desa dayo


Plt Bupati Rokan Hulu, H Sukiman canangkan Gerakan Penanaman Satu Milyar Pohon, di Desa Dayo, Kecamatan Tandun, Kabupaten Rohul, Selasa (29/11/2016). Penanaman pohon satu milyar ini akan ditanamkan dikiri kanan Sungai Bungo dengan luas sekitar 1,5 hektar.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mebangkitkan semangat, motivasi dan membudayakan seluruh masyarakat untuk menanam dan memelihara pohon, dalam rangka membangun ekosistensi hutan untuk memperbaiki, merehabilitasi dan melestarikan hutan serta lahan.

“ Saya optimis apabila kegiatan ini kita lakukan secara terus menerus dengan jenis pohon yang tepat, maka kualitas lingkungan hidup akan meningkatkan dan akan memberikan berdampak positif bagi kecukupan air bersih, ketahanan pangan dan ketahanan energi terbarukan,” tutur Sukiman.

Dalam kesempatan itu, Sukiman yang juga didampingi Ketua GOW Rohul, Hj Peni Herawati Sukiman juga menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada masyarakat Desa Dayo yang peduli terhadap lingkungan gerakan Penanaman Satu Milyar Pohon.

“ Sehingga, kedepannya diharapkan melalui gerakan ini akan dapat mewariskan hutan yang lebih baik dan terawat kepada generasi yang akan datang,” ucap Sukiman.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Penanaman Pohon Satu Milyar Pohon, Dadang Ananta menyampaikan, gagasan untuk menanamkan pohon di kiri kanan sungai Bungo yang berada di Desa Dayo, Kecamatan Tandun ini terlihat ketika pada masa musim kemarau yang terjadi selama enam bulan lalu sungai tersebut tidak mengalami kekeringan dan banyak masyarakat yang berada di Kecamatan Tandun ini memanfaatkan air tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Salah seorang tokoh masyarakat Desa Dayo, Triani dalam sambutannya menyampaikan mohon bantuan burupa materi dari Pemerintah Daerah Rohul dalam rangka melestarikan penanaman pohon yang berada di sekeliling sungai Bungo serta pemeliharaan pohon tersebut.

Adapun jumlah bibit pohon yang telah disiapkan oleh Dinas Kehutanan Kabupaten Rohul, yakni sebanyak 3.000 batang, terdiri dari bibit pohon jenis Matoa, Mangga, Sukun, Sirsak, dan bahkan ada jenis pohon lainnya.